Pengertian Lodge – Bagi para pecinta wisata ataupun travelling, lodge merupakan tempat tinggal kedua setelah rumah yang dimiliki. Lodge memang sering kali dijadikan salah satu alternatif tempat tinggal oleh para wisatawan ataupun pengunjung yang sedang berlibur ataupun jalan-jalan ke suatu daerah. Lantas, apa sih sebenarnya lodge itu? Seperti apa sih karakteristik dari usaha perhotelan itu?

Pengertian Lodge Menurut Berbagai Pendapat

Beberapa pendapat dari ahli dan juga lembaga, mengenai definisi lodge yang cukup populer yaitu diantaranya :

Lawson (1976)

Menurut Lawson, lodge adalah sarana tempat tinggal yang dapat dimanfaatkan oleh para wisatawan dengan beberapa fasilitas pelayanan seperti jasa kamar, jasa penyedia makanan dan minuman, serta jasa akomodasi lainnya, dengan syarat berupa imbalan ataupun pembayaran.

Keputusan menteri Paspostel no Km 94/HK103/MPPT (1987)

Menurut Keputusan Menteri Paspostel, Lodge merupakan sebuah akomodasi yang memanfaatkan sebagian ataupun seluruh bagiannya sebagai layanan jasa penginapan, layanan penyedia makanan dan minuman, serta berbagai macam jasa lainnya untuk masyarakat umum yang dikelola dengan cara komersial (bertujuan mencari keuntungan)

Endar Sri (1996)

Menurut Endar Sri, pengertian lodge adalah sebuah bangunan yang didirikan dan dikelola dengan tujuan komersil dengan jalan menyediakan fasilitas penginapan untuk masyarakat umum dengan rincian fasilitas seperti jasa penginapan, jasa pelayanan barang bawaan, jasa penyedia makanan dan minuman, jasa fasilitas perabot dan hiasan, serta jasa pencucian pakaian.

Wikipedia

Menurut anonimous (dalam wikipedia), Lodge berasal dari kata hostel (bahasa Francis Kuno) yang artinya adalah tempat penampungan sementara untuk pengunjung/pendatang. Bangunan ini biasanya menyediakan fasilitas pondokan dan juga fasilitas penyediaan makanan dan minuman.


Karakteristik Lodge

Lodge memiliki karakteristik yang membuatnya berbeda dengan berbagai jenis usaha lainnya. Beberapa karakteristik tersebut yaitu :

Lodge merupakan usaha padat modal sekaligus padat karya

Bisnis ataupun usaha lodge merupakan usaha yang membutuhkan modal yang tidak sedikit. Selain itu, usaha ini juga membutuhkan tenaga kerja yang tidak sedikit pula.

Fokus ada pada pelayanan pelanggan

Dalam usaha perhotelan, pelanggan ataupun pengunjung merupakan raja yang harus dilayani. Hal ini dikarenakan, keberlangsungan usaha lodge sangat bergantung kepada kunjungan dari pelanggan ataupun konsumen.

Lodge beroperasi 24 jam, 7 hari dalam seminggu

Berbeda dari kebanyakan usaha lainnya yang hanya beroperasi selama 8 hingga 12 jam setiap harinya, lodge beroperasi selama 24 jam setiap harinya. Kegunaan lodge sebagai tempat penginapan membuatnya harus terus beroperasi demi memberikan pelayanan terbaik untuk setiap pengunjung ataupun konsumennya.

Sangat bergantung terhadap perubahan lingkungan sekitarnya

Usaha/bisnis perhotelan sangat bergantung terhadap perubahan yang terjadi. Gejolak ataupun ketidakstabilan di bidang ekonomi, politik, sosial, keamanan, ataupun budaya di lingkungan sekitar lodge sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan usaha ini.

Itulah beberapa pengertian lodge beserta dengan karakteristik yang ada pada setiap layanan lodge. Semoga bermanfaat!


Source Article